Sabtu, 11 Juni 2011

Bakso Mantep Solo / Bakso Suroto / Bakso Belakang BIP Bandung

Sudah 2 minggu belakangan ini saya mendengar kabar yang menggemparkan dari jejaring sosial tentang Bakso Mantep belakang bip yang katanya ada Garis Polisi, disegel sama polisi karena ketahuan memakai DAGING TIKUS!!


Hiiiyyyy...siapa yang gak jijik dengernya ya?

Kabar ini pun menyebar dengan cepat, sampai ada teman dari luar jawa yang menanyakan kebenaran berita tsb!

Awalnya saya tidak begitu peduli dengan berita ini...
Ah, paling gosip murahan, lagian saya kan bukan penggemar bakso, jadi buat apa dipusingin,,pikir saya..
Namun lama kelamaan, seiring semakin santernya berita tsb, saya jadi penasaran :p

Kebetulan, saya punya teman yang juga seorang pedagang bakso di Bandung. Berpikir kalau teman saya itu mengetahui tentang berita ini, Juma'at kemarin tgl 10 Juni 2011, saya berangkat menemuinya untuk mencari kejelasan.
Ternyata, meski bukan dia yang digosipkan, teman saya pun mengalami kerugian juga karena pelanggannya jadi berkurang!!
Wah, hebat juga tanggapan masyarakat ya,bagus memang untuk selalu berhati-hati.. ;)

Ngobrol lebih lanjut, pedagang bakso yang santer diberitakan itu pun ternyata saudara teman saya dan dia baru saja mau mendatangi Pak Le' nya untuk konfirmasi. Kebetulan sekali! Saya langsung minta ikut, sekalian memuaskan rasa ingin tahu :D

Sampailah kami di tkp, di daerah Jl. Sumbawa Bandung, saya disambut dengan ramah. Saya mengenalkan diri, si empunya rumah menyuruh saya memanggilnya Pak Mantep. Kita pun duduk, disuguhi minum dan kemudian membuka percakapan. Teman saya pun tanpa basa basi langsung menanyakan perihal daging tikus tsb.
Pak Mantep langsung menepuk jidatnya, kemudian berkata "Saya sedang mendapat cobaan..ini cobaan dari Yang Kuasa buat saya pribadi, di fitnah begini rupa sama orang..Sumpah demi Allah, saya tidak pernah sedikitpun berpikir untuk berbuat macam2 kaya yg dituduhkan begitu!"

Nah loh..kabar itu ternyata benar cuma gosip murahan dan fitnah yang keji!

Kami pun dipersilahkan mengecek ke dapurnya dan dibebaskan mencari tanda2 daging tikus seperti yg dituduhkan. Kami di ajak ke dapur,melihat daging yang sedang diolah untuk jadi baso dan krewet untuk menu Bakso Mantep yang akan dijual. Meski saya sendiri tidak mengetahui bagaimana rupanya daging tikus, tapi dari keterbukaan,cara bicara dan bahasa tubuh Pak Mantep, saya percaya dia tidak pernah sekalipun memakai daging selain daging sapi untuk baksonya.
Diperkuat juga dengan disodorkannya bon pembelian daging sapi di Toko Daya Resi, Kosambi kepunyaan Bpk. Aan Sopian los B-345 tanggal 10 Juni 2011. Tertera di bon : 40kg daging sapi dan 50kg daging sapi krewet. Oke, saya percaya :)
Dan ternyata Pak mantep sudah belanja daging sapi untuk bakso nya di tempat tsb dari tahun 1980!



Setelah sedikit tur, berikut saya ceritakan ulang sedikit mengenai Pak Mantep...
lahir di Karanganyar, Solo tahun 1951, anak ke 1 dari 6 bersaudara. Pendidikan terakhir SMP. Hijrah ke Bandung thn 1972 kemudian memulai usaha Baso Mantep pada thn 1974. menikah pada thn 1976, sampai sekarang mempunyai 3 anak laki-laki. Yang pertama menjadi Perawat di RSUD Pacitan, yg kedua Sarjana Kedokteran, sedang KO-AS di Cirebon, dan yg ketiga baru lulus jadi Sarjana Teknik Sipil di Univ. Sebelas Maret Solo.

Wah, hebat juga Pak Mantep ini, anak-anaknya disekolahkan tinggi-tinggi, semua dari hasil jualan Bakso!
Dengan adanya anak ke-2 yang masih Ko-As untuk jadi Dokter, kebayang beban yang dipikul Pak Mantep, karena sejak kejadian fitnah ini, omset Pak Mantep berkurang sampai cuma tinggal 25% saja!

Dari rumah Pak Mantep saya dan teman saya diajak langsung ke tempat Pak Mantep berjualan, disana saya melihat tempatnya masih banyak pembeli, meski sebelum kejadian pembeli yg datang lebih banyak lagi. Garis polisi yang dikabarkan melintang itupun hanya ada di pundak seorang pembeli sebagai tali tas slempangnya? Hahahahaha... Meja dengan gambar mangkok yang katanya sebagai tanda kalau tempat dengan daging babi pun tidak ktemu...lha..Pak Mantep dari dulu jualan tdk menyediakan meja!!pembeli cuma dikasi bangku kayu panjang saja!! Lucu juga gosipnya ya?





Setelah saya foto-foto sedikit, saya disuguhi semangkuk bakso. Mmm..meski bukan penggemar bakso, tp saya cukup menikmati Bakso Mantep dengan sambal yang -luar biasa- PEDAS!! seuhah! kata org sunda :P


Menyudahi kunjungan kami, Pak Mantep berpesan, "Dek, tolong disebarkan ke teman-teman kalau kabar daging tikus dll itu bohong adanya, Pak Mantep tidak pernah dan tidak akan pernah memakai daging selain daging sapi". Dia juga menekankan kalau sekarang ini Bakso Mantep sedang di urus ijin dan sertifikasi, baik dari DINKES ataupun MUI biar kejadian serupa tidak akan terulang di masa depan.

Demikianlah laporan kunjungan saya ke Bakso Mantep / Bakso Suroto / Bakso Belakang BIP
Semoga di lain hari apabila ada kabar berita yang belum jelas kebenarannya, kita bisa bersikap bijak tidak langsung menyimpulkan atau meng-copas berita tersebut ke forum2 lain sehingga kita semua terhindar dari ghibah...aamiinnnn....

Juga himbauan untuk para wartawan media, agar jangan langsung memuat berita sebelum di cek kebenarannya. Toh investigasi itu langkah wajib untuk sebuah berita??

Bandung, 11 Juni 2011

34 komentar:

  1. nuhun laporan nya gan, smg lekas kembali ramai baso si pak mantep..

    BalasHapus
  2. Saya slh 1 langganan Bakso Pak Mantep!!!
    Sabar ya Pak dgn smua cobaan'y...
    Smga rame kmbli,,,

    BalasHapus
  3. itu gosip fitnah aja krn sirik aja sama baso nya Pak Mantep yg enak dn laris manis... :)

    BalasHapus
  4. ngeliat pencapaian usahanya, ga heran banyak yang nyoba fitnah, mudah2an omzetnya bisa normal & naik lagi

    BalasHapus
  5. Bisnis tanpa cobaan fitnah, bisa nambah penghasilan dan bonus yang besar dengan jenjang karir yang gampang cuma disini :

    http://www.dBCN-MenebusImpian.com/?id=ceutixos

    BalasHapus
  6. halo...saya ijin posting link tulisannya ya :)

    BalasHapus
  7. ijin upload ya bos :) sangat informatif! pasti akan disebarluaskan, karena ini baso favorit saya juga...

    BalasHapus
  8. Terimakasih attensinya..silahkan disebar2kan,asal ga diputarbalikkan :P

    BalasHapus
  9. tapi tetep ga akan kesana lagi, masa ane gara2 beli pake duit cepe dan g ada kembalian disuru nukerin sendiri?? udah gitu ga ramah banget. trus pas ane bilang pada ga punya uang kecil dengan judesnya bilang g usa bayar ajalah di depan org banyak emangnya ane ga sanggup bayar apa?

    pokoknya kalo jualan baso ga ramah2 bakalan kabur. ortu ane, temen ane, pacar ane dah pada ga mau beli disana. judes bener ngelayaninya.

    saya kira kejadian ini ada sangkut pautnya ama kesopanan yang jualan. org yang ga terima dengan gampangnya nyebarin bahwa baso ini ga recomended bgt menurut ane.

    Kemahalan untuk ukuran bandung
    judes
    ga sopan

    tukang kios kalo jualan teh botol ama kacang juga kalo ngasih harga kira2 dong ini tempat biasa doang. jangan ngasal deh kecuali dah punya pelayanan, tempat lo boleh seenak jidat hargamu.

    BalasHapus
  10. mmmhhh..... baru 1 th di Makassar, sempet kaget juga denger goship ini, pas liat gambar semangkok bakso Suroto, jadi pengen pulaaaaang..... kangen basonya, sambelnya, sama senggolannya (senggolan sama para SPG) xixixi, maju terus lah mas Roto....

    BalasHapus
  11. Semoga porsi tiap mankoknya jadi lebih banyak..xixixixixi ( saya dan keluarga sering banget makan baso ditempat bapak termasuk anaku yang masih batita seneng banget makan basonya )

    BalasHapus
  12. wah, komentar agan bandung pasti saya teruskan ke pa mantep nih...saya sendiri baru sekali kesana,dan untungnya ga ngalemin apa yg dialamin agan bandung...nuhun komennya ya gan! :)

    BalasHapus
  13. alhamdulillah, bisa nih nge baso lagi disana :)

    kalo menurut saya, memang harganya tidak murah untuk satu porsi baso, tapi gapapa lah, karena rasanya memang enak dan halal. kalo mau murah, makan baso tikus aja bung, AHAHAHA!

    BalasHapus
  14. Wah kasian juga yah pak mantep ini...di gosipin yang enggak-2. walaupun aku bkn pengemar baso dan sangat jarang sekali makan baso. Tetapi saya punya temen yang pada gila baso. Itu ada di facebook namanya juga sama GILA BASO. cek aja. dan kasiahan juga ternyata temen-2 saya ada juga yang kena gosip ini. tetapi setelah melihat ini kayaknya temen2 tidak akan mempercayai lagi gosip ini. iya tuh NGACO AJA tuh wartawan..emang ada yah wartawan yang nyebarin berita bohong kyak gini. ckckckckckckckc..ada yang sirik kaleee itu mah ( maksudnya saingan pak mantep) Emang mantep tuh baso yah..kayaknya abis ini malahan tambah rame...amiennnnnnnnnnn...........

    BalasHapus
  15. Anonim mengatakan...

    Wah kasian juga yah pak mantep ini...di gosipin yang enggak-2. walaupun aku bkn pengemar baso dan sangat jarang sekali makan baso. Tetapi saya punya temen yang pada gila baso. Itu ada di facebook namanya juga sama GILA BASO. cek aja. dan kasiahan juga ternyata temen-2 saya ada juga yang kena gosip ini. tetapi setelah melihat ini kayaknya temen2 tidak akan mempercayai lagi gosip ini. iya tuh NGACO AJA tuh wartawan..emang ada yah wartawan yang nyebarin berita bohong kyak gini. ckckckckckckckc..ada yang sirik kaleee itu mah ( maksudnya saingan pak mantep) Emang mantep tuh baso yah..kayaknya abis ini malahan tambah rame...amiennnnnnnnnnn...........

    BalasHapus
  16. ane juga kesel udah kaga ada tempat gitu teurs yg bukan langganan lama nagntrinya..
    not recomended bangte pleyanananya
    mending baso semar!!!

    BalasHapus
  17. o gt.. y ampun sukur deh.. hmm.. basox c lumayan, kuahx emg gurih, pk tetelan lg, sambelx jg mantep.. tp pelayananx enggak bgt, bwt gw c agak kurang ramah bwt ukuran pdagang baso,, ngntrix lma bgt, tp gw ud beberapa kali kesini, dr mulai hrgax 6rg or 8rb gt (lupa) mpe 10 rb.. kirain pelayananx bkl lbh baik, taux gt2 aj, tmptx gt2 aj, porsix gt2 aj,, yaa semoga dgn kejadian ini pelayananx jd lebih baik deh.. mas bloger tlg smpein k pak mantep ya hhe, pelayananx d perbaiki gt.. jgn riweh g puguh, karyawanx aj byk, tp ttp aj lama..hhe.. pkox smoga sukses deh bwt pak mantep :)

    BalasHapus
  18. iya basonya enak tp si bapaknya juteeeeeeekkkkk bgt, ngerasa uda laku kali yah, jd ilang satu juga mungkin mikir masih ada yg lain yg beli..pdhl ga boleh kyk gt, coz 1 org juga berharga krn dr mulut 1 org bisa nyampe ke 200 org..tolong disampein ya gan coz aq juga sering ksana,,untuk kebersihan tempat juga mohon diperhatikan,,kan ada istilah "ada harga, ada barang"

    BalasHapus
  19. izin nyebarin postingannya ya boss..

    BalasHapus
  20. Eh...kalo mo dilayanin kaya raja sih kayanya mending lo makan di resto aja secara tukang baso sih ga ada service tax jg gitu!!! wajar2 aja deh..makan baso + teh botol juga cuman 20rebuan paling mahal mintanya kaya belanja ratusan rebu aja..kalo emang lo ga suka, ga usah jadi provokator gitu deh..bilang2 ke semua orang pelayanannya jutek. Pengusaha mikro kaya begini ini yg mesti kita dukung bukannya di "matiin" ma komen2 ga penting...kalo emang pelayanannya ga bagus,tinggal ngomong aja langsung jangan di belakang..dasar udik!!

    BalasHapus
  21. waduh waduh..Agan Anonim kok galak bener ya? Komentar baik/buruk kan buat introspeksi juga,,kayanya ga perlu memakai kata2 umpatan deh, nanti ga bakal abis kalo berbalas pantun disini, bisa2 jadi ajang brantem :P maap yaa..jgn marah loh gan :D

    BalasHapus
  22. daging tikus enak jg gan XD
    tp lebih enak daging ayam bapa,,abis saya kurang suka daging sapi T_T.

    pohon kl semakin tinggi pasti banyak angin yg menerpa bapa :D (ngomong opo kui :D XD)

    keep spirit aja bapa XD, semoga dagangan'y + sukses. Amin XD

    BalasHapus
  23. baksonya bikin ngiler gan T_____T

    BalasHapus
  24. bakso pak mantep baso kesukaan saya....ketika hamil saya pernah ngidam berat baso ini...setiap hari selalu datang ke pojokkan bip....so sabar ya mas mantepppp kebenaran akan selalu datang ....

    BalasHapus
  25. ucrit
    saya adalah salah satu penggemar setia baso suroto yg extra pedasnya sangat mantap saya sangat suka.emang sempet kesel dengernya tp setelah baca art saya akan coba bersama teman2 saya to datang kembali....sabar ya..kebenaran kan selalu menang..masa baso sedikit ,mie sedikit kok...bisa curang itu pikir aku.......

    BalasHapus
  26. mudah-mudahan dengan sedikitnya pelanggan bisa jadi bahan introspeksi untuk meningkatkan pelayanannya, puasin pelanggannya dan tingkatin keramahannya.

    BalasHapus
  27. tks untuk uploadnya pak...
    Akhirnya kami bisa tenang kembali memakan bakso ini.
    Semoga tidak terulang kembali kejadian seperti ini.
    Terkadang fitnah bisa sangat menghancurkan kehidupan orang lain

    BalasHapus
  28. @syalala syanti.....apa kabar...bener gak ini santi zaman ABG dulu di Slipi Kemanggisan ? add ya FB ku Dachri Megantara S

    BalasHapus
  29. Penasaran... abis dari dulu baru sadar kalo itu ternyata di belakang Bip :p

    BalasHapus
  30. Baru baca dan jadi legaaa.. Ijin share ya

    BalasHapus
  31. Dulu wktu sy msh krj, srng bgt maksi ksini..tp udah 4thn blkngan sy blm prnh jjn lg ksini...ada yg tau brp harga baso soeroto ini skrng

    BalasHapus
  32. Semenjak pindah ke dalam pujasera kenapa rasa baksonya gak semantep.dulu pak suroto😂😂

    BalasHapus
  33. Semenjak pindah ke dalam pujasera kenapa rasa baksonya gak semantep.dulu pak suroto😂😂

    BalasHapus